Nenosayang's Blog

Archive for Oktober 2011

Terumbu Karang???

Tumbuhan / Hewan???

Sebelumnya jelasin terumbu dulu ya… Terumbu itu batuan sedimen kapur di laut yang mencakup juga karang hidup dan karang mati yang menempel pada batuan kapur tersebut, sedangkan karang adalah sekelompok hewan dari ordo Scleractinia yang menghasilkan kapur

Nah guys, terumbu karang itu adalah hewan, dia bersimbiosis dengan alga yang disebut “zooxanhellae”. Masih bingung?? Yuukk baca selengkapnya di bawah

Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanhellae. Si “zooxanhella” ini hidup di dalam polip-polip karang. Lalu si “zooxanthela” ini juga berfotosintesis, hasil fotosintersis ini lah yang dijadikan sumber makanan bagi terumbu karang.

Tapi Bentuknya mirip TUMBUHAN, trus juga FOTOSINTESIS???!!!

Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut Polip. Dalam bentuk sederhananya, karang terdiri dari satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuh seperti tabung dengan mulut yang terletak di bagian atas dan dikelilingi oleh Tentakel. Namun pada kebanyakan Spesies, satu individu polip karang akan berkembang menjadi banyak individu yang disebut koloni. Hewan ini memiliki bentuk unik dan warna beraneka rupa serta dapat menghasilkan CaCO3. Karena bentuknya yang bercabang-cabang itulah maka terumbu karang sering dianggap sebagai tumbuhan.

Fotosintesis bukan dilakukan oleh terumbu karang melainkan oleh si “zooxanthela”.  Hasilnya akan menyebabkan bertambahnya produksi kalsium karbonat yang berfungsi untuk pembentukan cangkang pada terumbu karang.

Hewan karang mempunyai tentakel (tangan-tangan) untuk menangkap plankton sebagai sumber makanannya, Namun, sumber nutrisi utama hewan karang sebenarnya berasal dari proses fotosintesa zooxanthellae (hampir 98%). Selain itu, zooxanthellae memberi warna pada hewan karang yang sebenarnya hampir transparan. Timbal baliknya, karang menyediakan tempat tinggal dan berlindung bagi sang alga.

Teryata ya kawan… kehidupan didalam terumbu karang itu udah kompleks dan ribet banget ya… selain itu, terumbu karang itu tempat nursery dan feeding ground buat hewan – hewan laut yang lainnya… apaan lagi ya itu??? Liat lagi yuukk… 🙂

Terumbu karang bagaikan oase di padang pasir untuk lautan. Karenanya banyak hewan dan tanaman yang berkumpul di sini untuk mencari makan, memijah, membesarkan anaknya, dan berlindung. Bagi manusia, ini artinya terumbu karng mempunyai potensial perikanan yang sangat besar, baik untuk sumber makanan maupun mata pencaharian mereka. Diperkirakan, terumbu karang yang sehat dapat menghasilkan 25 ton ikan per tahunnya. Sekitar 500 juta orang di dunia menggantungkan nafkahnya pada terumbu karang, termasuk didalamnya 30 juta yang bergantung secara total  pada terumbu karang sebagai sumber kehidupan.

Terumbu karang merupakan rumah bagi banyak mahkluk hidup laut. Diperkirakan lebih dari 3.000 spesies dapt dijumpai pada terumbu karang yang hidup di Asia Tenggara. Terumbu karang lebih banyak mengandung hewan vertebrata. Beberapa jenis ikan seperti ikan kepe-kepe dan betol menghabiskan seluruh waktunya di terumbu karang, sedangkan ikan lain seperti ikan hiu atau ikan kuwe lebih banyak menggunakan waktunya di terumbu karang untuk mencari makan. Udang lobster, ikan scorpion dan beberapa jenis ikan karang lainnya diterumbu karang bagi mereka adalah sebagai tempat bersarang dan memijah.

Supported  by:

http://geo.ugm.ac.id/archives/100

http://www.goblue.or.id/tentang-terumbu-karang

Pernah Gag sih kamu tiba-tiba dikejutkan dengan perkataan seseorang???

Pernah Gag sih kamu tiba-tiba dibuat berpikir akan dirimu sendiri???

Seperti

          Ihhhh, gue iri banget deh sama elo!! Elo tuh cantik!!! Elo tuh pinter!!! Elo tuh baik banget!!! Elo tuh sempurna banget deh pokoknya!!!

Apa justru kamu yang sering mengucapkan kata-kata seperti itu untuk orang lain??? (lalalala~)

          Ngerasa iri trus minder, trus jatuh, terus ngubur diri di dalam tanah (hahha… lebay!!!). Intinya kita ngerasa orang lain itu lebih ‘wah’ dari kita dan kita seperti semut yang kecilllll banget!!!

Sadar nggak sih kawan, kita tuh diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling sempurna loh. Nggak ada yang namanya “paling-palingan”. Kita semua sama seandainya kita bisa melihat diri kita dengan lebih baik.

Kedengerannya sih gampang ya kawan, haha 😀

Sometimes, teori is so simple but not for practice!!! Aku tau kok dan sangat sadar juga. Tapi ya kalo boleh sekedar sharing,

“KITA SEMUA ITU PUNYA POTENSI DAN KUALITAS DIRI MASING-MASING!!!”

Setuju dong dengan Quote diatas???  🙂

Melihat kelebihan orang lain? BOLEH

Mencontoh kebaikan yang dibuat orang lain? BOLEH BANGET

Yang NGGAK BOLEH itu, iri dengki bahkan buat kita terpuruk banget-banget sampe kelobang semut karena kesuksesan orang lain. :p

Jadikan kesuksesan orang lain untuk MOTIVASI DIRI SENDIRI agar bisa lebih baik. Buat orang lain juga bisa ‘iri’ terhadap kamu!!!

C.A.R.A.N.Y.A..G.I.M.A.N.A..????

  •  Niat dan yakin kalo SAYA BISA!!! (bukan niat setengah – setengah)
  •  Lakukan semua hal yang kamu bisa kerjakan SEBAIK-BAIKNYA!!! (do d’best!!!)
  • STOP mengatakan AKU NGGAK BISA!!!
  • Berani menCOBA HAL BARU yang ada di depanmu
  • JANGAN takut gagal
  • STOP dengerin orang yang justru membuat mu jatoh ke lobang semut (heheheJ)
  • ASAH DAN GALI terus kemampuan mu
  • TEKUNI HOBI dan KEGEMARAN kamu

Contoh :

«  Seneng nulis —> kembangkan terus, meskipun hanya sebatas nulis cerpen dan nulis puisi. Who knows??? Suatu saat kamu bisa jadi pengarang paling hebat  🙂

«  Seneng nyanyi —-> kalo selama ini masih nyanyi di kamar mandi, hayo dong kepakan sayap keluar. Kecil-kecil dulu ja, ada acara di sekolah, kampus, sampe 17 Agustus-an kamu bisa minta buat ngisi acara.

«  Seneng sama yang berbau ILMIAH —-> mainnya sama ensiklopedi kali ya?? Banyak baca buku, banyak ingin tau. Who knows?? Kamu nanti bisa nemuin satu alat baru yang bisa bikin pinter orang tanpa harus belajar (ngaco.com) :p

«  Dannnn masih banyak lagiii yang bisa kamu lakukan. INTINYA semua yang kamu lakukan DENGAN HATI pasti akan BAIK HASILNYA J

  • PEDE
  • Ayo sama sama BELAJAR!!! J

“Jadi, mulai sekarang STOP namanya banding-bandingin diri kita dengan orang lain. Hidup kita adalah gimana kita menjalaninya. Akan indah jika kita membuatnya menjadi indah.”

So keep your SPIRIT and SMILE!!!

Hmm…

Disuruh nulis tentang kemahasiswaan di FPIK 2 tahun mendatang

Apa ya???

Tapi rasanya juga nggak pantas untuk bicara, sebab saya pun merasa belum ada kontribusi yang nyata dalam fakultas saya ini.

Tapi ya… mencoba untuk mengkritisi keadaan sekarang dan berimajinasi tentang keadaan dua tahun mendatang… Bismillah… 🙂

Saat ini…

Dilihat dari berbagai segi, memang masih nampak banyak kekurangan yang dihadapi oleh fakultas kita tercinta ini. Mulai dari segi pelayanan dalam bidang kemahasiswaan, fasilitas yang ada untuk menunjang kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan, dan masih banyak lagi yang lainnya

Bukan mengeluh atau banyak menuntut, tapi mungkin saja ini suatu hal yang wajar, suatu proses untuk menjadi hal yang baik lagi, secara gitu lohh FPIK kan baru berumur 5 tahun… 🙂

Dua tahun mendatang… insyaAllah

Pastinya kondisi FPIK harus labih baik dari kondisi yang ada saat ini. Mulai dari segi fasilitas perkuliahan, pelayanan kemahasiswaan, serta kegiatan kemahasiswaan itu sendiri.

 

Harapan di dua tahun yang mendatang untuk FPIK

Fasilitas Perkuliahan

  • Berdirinya dua gedung prodi untuk Perikanan dan Ilmu Kelautan (terpisah dengan gedung Dekanat)
  • Adanya laboratorium laboratorium yang menunjang kegiatan perkuliahan (sebagian besar praktikum harus dilakukan di dalam laboratorium, khususnya Perikanan)
  • Ada KOLAM RENANG (kasian sama kita kita dong, anak Ilmu Kelautan, masa mau praktikum renang dan selam musti jauh jauh ke UPI / SABUGA dulu… MAHAL di ONGKOS… 😦
  • Ada kelas yang banyak (biar nggak nebang terus ke PTBS / Gedung Biru)

Pelayanan Kemahasiswaan

Ya… you know lah??!!! Yang terjadi sekarang, detik ini, menit ini… pelayanan kemahasiswaan FPIK harus lebih baik karena ini sebetulnya sangat penting untuk membantu kelancaran dalam kegiatan perkuliahan. Pelayanan kemahasiswaan berkaitan dengan beasiswa, urusan surat menyurat yang mengahruskan melibatkan fakultas, PKM, dll.  🙂

 

Kegiatan Kemahasiswaan

KKM di FPIK banyak banget lohh teman, ada 14 KKM (belom termasuk BEM dan BPM) jadi kalo ditotal ada 16 KKM. Wuiiihhh manteph banget lah…

Setuju banget dengan banyaknya KKM yang ada aspirasi dan kreativitas mahasiswa bisa terjaring di dalam setiap KKM.

Tapi ya… kalo boleh berpendapat, sepertinya kegiatan nyata dari beberapa KKM cenderung tidak keliahatan. Jika memang begini keadaannya, lantas buat apa diadakannya sebuah KKM.

Buat akang teteh yang sudah terlibat di dalam suatu KKM ayoo mulai gebrakan nyata dari KKM itu sendiri sesuai porsinya masing masing.

Berkaca pada KKM di UNDIP, mereka mampu loh membuat sebuah sekre diluar Fakultas dengan biaya dari mereka sendiri. Kalo muncul peryataan “mereka kan sudah lama berdirinya” memang benar!!! tidak ada yang instan, semua butuh proses teman.

Inti dari semua ini adalah komitmen dan keseriusan, buktikan bahwa kita memang mampu dan bisa. Dan tahukah teman, setiap harinya seseorang bertambah kritis, adik adik kita mungkin jauh lebih kritis dari kita, jadi lakukan usaha semaksimal yang kita bisa untuk dapat dilanjutkan oleh adik adik kita nantinya.

 

“KOMITMEN, KESERIUSAN, TANGGUNG JAWAB kita dibutuhkan untuk membuat FPIK lebih maju lagi…!!!”

 

KEEP your SPIRIT and SMILE  !!! 🙂